Tteokboki & Instant Gochujang


Yummy yummy yummy ... aku udah jadi korban film korea nich alias sudah terkontaminasi virus" drama korea, yang di drama Goong Yoo Eun Hee makan kue beras, di Oh My Lady Siwon makan tteokbokki buat cemilannya...
Aduh du duhh udah kepengen ampe ngileerr... ngecessss .. tau"nya Alhamdulillah di  Galeria nongol tuh warung korea, jual 1 porsi mangkuk kecil tteokboki 20rb, tapi emang aku orangnya irit-an and ga boleh kebanyakan makan pedez karena amandel (hiks padahal aku penggemar makanan pedas) aku beli setengahnya alias 10rb, syukurlah mba nya mau ngasih (cz warungnya masih sepi juga, setelah beberapa kali aku datang baru rame)
10ribu itu aku kira" dapat 4 potong tteuk nya dan 2 potongnya lagi bakso ikan. Bakso ikannya juga enak. Rasa sausnya pedas manis dan terdapat daun bawang dan cabe hijau didalam sausnya. Enak pas digigit. Rasa teuknya cenal-cenol gitu empuk" ga jelas, tapi tetap saja menyenangkan.
Aku suka dengan rasa saus Gochujangnya, aku searching sebelumnya di Google Gochujang itu Halal, cuma cari saja yang dikemasannya terdapat terjemahannya. Yang dipake di warung ini Gochujangnya ada terjemahannya dan didalamnya tidak ada unsur arak yang ditambahkan.
Yah semoga Allah tetap menjaga dan membimbingku. AMin amin ya robbal 'alamin



Sekedar info kalo yang mau buat saus gochujang sendiri ini aku copy dari bentomania.com, free from anything aneh", ini Resep Gochujang saus instannya :


Bahan dasar :
1 sdm cabe merah bubuk, atau bisa ditambah sesuai selera
2 sdm cuka
1 sdm gula
4 sdm kecap asin encer (light soy sauce)
2-3 siung bawang putih, diulek halus

Proses:
Cabe merah bubuk, cuka, gula, kecap asin diaduk jadi satu hingga gula larut. Campur dan aduk bawang putihnya.

Bahan lanjutan :
1 sdm bumbu gochujang dasar diatas
2 sdm cuka
1/2 sdt gula
1-2 sdm tepung ketan

Proses :
Campur bumbu dasar gochujang dengan cuka dan gula. Aduk hingga rata. Campurkan tepung ketan. Aduk hingga rata. Gochujang sederhana pun siap digunakan.


Aku sudah mencobanya didapur dan ternyata rasanya lumayan enak juga namun tampang saus "merah" yang cantik itu tidak kudapat, mungkin karena cabe bubuk yang kugunakan cabe kecil.
That's it.

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer