Daftar Makanan Halal di Bali & Masalah kehalalan J'co Donuts & Breadtalk ?

Yaak bagi teman-teman muslim yang lagi liburan ke bali,
I hope this post can help you to buy Halal Food in Bali.

Mall Bali Galeria - Simpang Siur

Mister Baso,  Hoka hoka Bento, Pizza Hut

Kayaknya udah pada tahu kan Mister Baso tuh halal ? kapan tuh aku ada liat  halal sertifikatnya pas JJ ke Ramayana di Bali *tapi uda ditutup si cabangnya, yang ada sekarang di mall bali Galeria, terusannya pizza hut lagi dikit udah deh nemu nih slurpuuut mie yang enyaakk n halal. *bayangin maem ramen 



Alhamdulillah!! 

Sanur -Beach

1.) Warung Sate Gule Bu Haji
Jelas dong dari namanya ketahuan yah yang punya seorang ibu muslimah dari madura yang menjual sate-gule kambing/ayam. Rasanya enak ada gule tulang kambingnya yang krutuk" .. enak lah maknyuss...

2.) MC'D, Dunkin Donuts, KFC, Pizza Hut, dan Warung Ikan Mak Beng
Dari dulu aku cuman tahunya ini-ini aja yang halal. Udah pada tahu kan yaahh..

3.) Warung Padang Minang kabau. Nih terkenal banget terusannya J'co lagi dikit nemu dah ni warung enak banget. Sering tamu penting dateng kesini.

Centro - Kuta

1.) KFC, Bread Talk.



Aku gak tahu tempat makanan halal selain ini di centro, selain enak dan termasuk terjangkau di area kuta, habis main ke waterboom pasti langsung nyantap ayam krispy disini. Any recommend friends ?? 
(*males nyoba" ato nrawang"  masuk tahu"nya ada bab* atau arak *hiiii.... soalnya kalau sudah di daerah pariwisata yang mayoritasnya bule, babi adalah bahan utama untuk masakan)

Jimbaran 


Warung" Ikan bakar di Kedonganan di Jimbaran biasanya halal karena biasanya khusus menjual ikan bakar semuanya. Sekarang tinggal pinter"an sendiri nyari resto yg ga ada menu pork nya. Kalau mau murah beli aja ikannya di pasar, terus di bakar di tempat warung panggangan sekitar yang dibuka khusus buat pelanggan" yg habis nyari ikan di pasar kedonganan. Rasanya juga gak kalah habis sama yang di restoran namun gak begitu nguras kantong gak kayak di restoran. Cuma enaknya ya itu kalo makan di restoran bisa candle light & dengar pengamen nyanyi.



Daerah Pusat Kota


Renon - Denpasar

1.) Warung Zaenah
Kalo yang mau nyari nasi campur pedaz and halal di bali disini nih tempatnya. Rekomen bangeet, selain murah 15rb 1 porsi, rasanya juga enak beud, pedezznya ituu lohh.. gak nahan!!! 1 paket isinya lauknya ada hati sapi, sate ayam super pedaz, mie goreng, ayam goreng, nasi, telur asin setengah, mesere. Aku juga kenal banget sama keluarga si empunya alias keluarga Muslim. Asyek.. saben ada pengajian nasi kotaknya pasti ini dan yang paling enak menurut gue. Duhh jadi ngiler..
2.) Depot Ayam Goreng Kalasan 
Di renon ini ada satu deretan penuh warung makanan, setahu aku baru kujelajahi sih si ayam goreng kalasan ini yang enyaakkk ~  dan...
3.)  Ayam Goreng prambanan 
dulu pernah ngambil bazar disini dari sekolahku. Enyak juga, tinggal dipilih aja maunya kemana xD



Teuku Umar

Domino's Pizza
Pizza Hut

Sedikit ya listnya makanan halal di bali ? Yup sedikit banget. Karena berdasarkan kultur dan  mayoritas penduduk di Bali adalah Hindu jadi jangan heran street food nya dimana-mana adalah lawar (sayur"an) yang dicampur darah babi dan babi guling. Kalaupun tidak menjual dan mengandung babi, untuk masalah status kehalalan pemotongan ayam & sapi juga tidak diketahui alias jatuhnya sama saja 'syubhat' alias 'meragukan'.

Tips-tips memilih makanan halal di Bali :

Kenali siapa penjualnya. Kebanyakan kalo sudah nemu warung kaki lima yang penjualnya rantauan dari pulau jawa dan gerobak sate madura yang bukanya hanya malam-malam, liat saja penjualnya. I think Muslim brother and sister bisa membedakan penjual mana yang muslim atau yang tidak. Dari aura, kenyamanan, feeling, logat, body languange, itu semua bisa dibaca dan jangan lupa minta bantuan dari Allah. Selalu ada pertolongan bantuan dari Allah untuk hamba-hambanya yang taat.

Bawa bekal dari rumah sendiri. Entah itu cuma nasi sama tempe kering dan sebotol air minum. Aku biasanya kalo jalan" ataupun ke kampus selalu bawa bekal. Gak bisa bilang males kalo gak kosekuensinya bisa ditanggung sendiri di akherat.
Beli makanan/snack yang sudah ada logo halalnya. Banyak banget kok di supermaket/minimarket persediaan snack yang sudah dapat logo halal dari MUI, contoh : Sari roti. Snack wajib buat para traveler biar gak kelaparan dijalan.

Lalu ...

Kali ini aku hanya ingin membahas spesifik untuk J.Co Donuts & Breadtalk.
Saat ini banyak banget isu beredar yang mempertanyakan kehalalan franchise J.co Donuts dan Breadtalk.
Selalu ada yang pro dan kontra. Bahkan aku sempat juga kecipratan debat gara" merasa ketipu sama si J.co & breadtalk yang diinfoin gelatinnya dari babi. Gimana gak rasa sakit hati ketipu wong hampir tiap minggu aku kesana untuk makan dengan enaknya dan ternyata itu semua mengandung bab*.

Ya Allah Ya Rabb ampuni kekurangan dan kebodohan hambamu ini.

Well .. akhirnya MUI mengeluarkan berita bisa klik disini yang menegaskan bahwa isu" tentang belasan restoran yang tidak memiliki sertifikat halal itu memang benar dan belum punya, masalah perdebatan si J.co sudah dapat sertifikat halal di Malasyia  itu memang benar tapi bukan berarti J.co yang di Indonesia juga halal, pikir saja sekarang pake logika saja masa bahan" pabriknya dari Malaysia di datengi jauh" kesini ? gak mungkin lah yaw, terlalu membuang" duit buat ongkir perjalanan belum lagi masalah waktu untuk si bahan buat produk.

Masalahnya kenapa roti doang kok bisa dikritisi ada bahan" yang mencurigakan alias haram ? kan yang gak penting gak ada babi ?


Baca disini deh. Biar tahu ilmunya. Bisa dicari juga dengan kata kunci " Babi dan produk turunannya"
Kalo gue tinggal malasyia sih gue seneng" aja makan J'co karena sudah ada yang menjamin kehalalannya, nah masalahnya gue tinggal di Indonesia yg si J'co belum bisa dijamin kehalalannya sama MUI sendiri bilang : 
" Kami dari LPPOM MUI tidak dapat menjamin kehalalannya untuk konsumsi umat Islam " 

Sedangkan pihak J'co donut meng-jawab :
" Kami informasikan bahwa semua bahan baku yang digunakan J.CO Indonesia adalah halal dan telah disertifikasi halal oleh MUI" 

Nah MUI nya sendiri bilang gak jelas ? gimana tuh ?
Masalahnya boo .. tuh jawaban sama saja dari masa ke masa, tahun ke tahun, dan sertifikat tidak pernah meluncur dari MUI.
Akhirnya ya sudah aku memberanikan diri untuk tanya langsung sama MUI. Alhamdulillah dijawab.
Tinggal di klik aja kok kalo mau di perbesar imagenya.



Ya sudah bisa ditarik kesimpulannya kehalalan J'co Donuts & Breadtalk masih 'Syubhat' alias gak jelas, sama saja jatuhnya lebih baik dihindari.

Yahh jadinya gue baru bisa maem J'Co kalo di Malasyia demi memuaskan rasa rindu sama donat dan minumannya *itupun kalo kesana kalo tidakk ?? alias di Indonesia, terpaksa aku bilang " Good bye J'Co .. Good Bye breadtalk semoga dalam waktu kurun dekat kalian bisa membuktikan ucapan dan janji kalian dan bisa lulus standar dan meluncurkan logo MUI"

*Aku bakal update lagi informasi ini kalo ada kemajuan tentang sertifikasi kehalalan J'co Donuts & Breadtalk.




Damn! Who can't ignore this delicious food ?
It's your choice dude

Komentar

  1. Ah, beneran sakit hati kalo ada b2 nya T.T
    Ga cuma jco & breadtalk aja yg diterpa isu haram, solaria jg. Sampe skrg blm berani ke solaria soalnya blm ada sertifikat halalnya *padahal solaria itu makanannya enak & affordable buat kantong. Tapi y apa boleh buat, kita cari yg halal aja, biar tenang ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya tp itu masih isu reli, coffe bean sm starbuck n dll jg g terjamin kehalalannya, masalahnya dr gelatinnya itu yg patut dicurigai kata saudara q yg kerja di pastri biasanya yg g jelas tu bs ngandung babi tu gelatin bubuk/ gelatin yg dari babi itu liciin banget sm halus warnanya bening banget, klo yg dari sapi gelatinnya klihatan kecoklatan ps direndem di air, bisa jadi terkandung di eskrimny, yogurt, jeli, etc, makanya paling enak klo belanja ke franchise" gt nyarinya yg uda halal biar perut hati ma hidup tenang ya ^^

      Hapus
    2. Emang yg paling aman itu nunggu ada sertifikat halal nya *tapi itu kapan??? :|

      Oia, kalo yg gelatin jg pernah denger, kasusnya Yupi kalo ga salah. Dia bilang gelatin nya bukan dari b2. Terus diuji di lab kali ya sama MUI, terus dapet deh logo halal di bungkus yupi *cmiiw
      Bisa nyemil yupi dg tenang :))

      Hapus
    3. sbnrnya itu smw kembali ke diri masing" klo mw konsumsi gpp klo g lbih baik, smw tergantung kitanya aja toh smw pertanggung jwban kmbali ke Allah, wahh aq malah ud g perna lg nih nyemil yupi, jd pingin >.<

      Hapus
  2. Syubhat itu alias nya bukan haram ni.. Seperti yg kamu bilang, syubhat itu meragukan. Karena meragukan, ya belum pasti haram, karena bisa aja ternyata halal. Gak ada salahnya kita konsumsi makanan syubhat, tapi... memang segala sesuatu yg syubhat LEBIH BAIK dihindari...

    Misalnya, dulu suka beli baso di pasar, yg jual orang islam, baso bikin sendiri. Tapi kedainya emang belum halal MUI. Dan tetep makan, tapi jatohnya syubhat. Trus jajanan kaki lima, masakan padang pinggir jalan, banyak yg belum jaminan halal kan, itu di jakarta lho yang kayaknya makanan halalnya banyak. Tapi tetep lah, kalau belum ada cap MUI, semua itu syubhat. Tapi ya konsusmsi syubhat bukan masalah besar, keutamaannya memang menghindari, kecuali udah ketahuan jual babi dan minuman keras, baru haram.

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo yg dagang baso no komen lah mom yg jual kan muslim ud pasti halal si g usah nunggu mui *menurut aq, , klo yg masalah j.co nih memang meragukan dan hukumnya mmg lebih baik dihindari tapi ujung"ny sm aja menuju ke haram karna g ada istilah 'abu2' dlm islam, contoh syubhat naruh domba di tempat yg ga aman, bisa jd domba" dlm semalam ludes di makan serigala/sakit krn tmpt itu berbahaya, kan syubhat digambarkan seperti itu, apalagi si mui g bs menjamin kehalalan si j.co plus yg punya non muslim, aq udah ngrasa brada di area yg g aman, makany q tulis jatuhnya sm aja haram, klo j.co yg punya muslim & statusnya masih syubhat kyk dagang bakso tuh aq sih g ragu" mom buat maem disana

      Hapus
    2. haha.. kalau menurut aku, tetep aja jatohnya meragukan ni. Karena yang udah pasti halal 100% kalau ada lembaga yg memantau. Emang yakin, Tepung buat basonya halal? Tepung juga ada yg haram... dan yg halal rata2 terigu mahal :) Jadi, semua makanan yg gak ada labeling halal mui, mui gak akan menjamin halal, termasuk gorengan pinggir jalan :p

      Kaya kosmetik aja, yg halal pasti kalau dia klaim nya animal free atau yg 100% kalau udah ada label halal. Diluar itu syubhat, kaya maybelline, revlon, dll. Tapi kita gak bilang revlon haram meski yg punya non-muslim. Syubhat aja cukup. Untuk memastikan halal-haramnya harus ada bukti.

      Trus, kalau menurut aku, jangan langsung bilang haram dulu ni ke suatu produk, masalahnya kita bukan lembaga yg berhak menyatakan, terus unsur haram yang kita dapat di BBM dll itu baru simpang siur kan? Beda kalau kita ke restoran, terus pas kita lihat menu nya ada menu pork dll. Itu udah pasti haram, meski dia menjual ayam. Atau kita ke toko kue, ternyata ada tart yg mengandung rum, nah tart yg lain yg gak ada rum nya bisa dibilang itu haram dikonsumsi.

      yah, intinya lebih baik emang dijauhi...

      Hapus
  3. ya ampun.. aku beberapa waktu lalu ke breadtalk loh... dan baru sekali itu sih... habisnya rotinya menggoda iman bangettt :(
    makasih banget sanni udah nginfoin :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya masih syubhat bun lbh baik memang dijauhi

      Hapus
  4. klo untuk jco dan breadtalk emang belum labelnya
    klo ga salah yang punya kan om JA (johnny Andrean)
    selain itu solaria juga belum ada labelnya...
    jadi bingung juga, soalnya selama ini makan di solaria
    klo soal jco dan breadtalk sih emang ga gitu suka kok :)
    mending makan dunkin :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. pdhl dulu breadtalk smpt py sertfktny tp g diperpanjang ma dy, wah aq malah blm prn maem di solaria, iy yg py om JA

      Hapus
  5. duh neeee, aku termasuk yang suka banget jajan Breadtalk, tapi begitu tau beritanya masih belum jelas status kehalal-annya langsung aku stop.. padahal gak bisa tahan godaan kalo ngemol gak pake acara beli Breadtalk

    thanks ne udah share infonya, soalnya temen-temen aku juga banyak yang gak tau

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul semenjak kena isu bab* tuh ortu ku ga pernah mw kesono lg, aq jg masi takut lah krn kehalalanny g jelas pdhl roti gandumny enak, iy sama" ekha ^^

      Hapus
  6. bermanfaatt sekaliiiii.. bulan depan mo ke bali soalnyaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih mak :D ciehhhh yg mw honeymoon suiit suiitt :p

      Hapus

Posting Komentar

Postingan Populer